Teknik Industri/TMI
Universitas Muhammadiyah Malang
Teknik Industri/TMI
Universitas Muhammadiyah Malang

Partisipasi Perdana Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang di Ajang IECOM

Author : Administrator | Rabu, 11 Januari 2012 10:26 WIB
IECOM 2012

 

IECOM (Industrial Engineering Competition) merupakan event tahunan yang diadakan dalam rangka diesnatalis Teknik Industri ITB dan pada tahun 2011 ini kembali diselenggarakan dengan mengundang para mahasiswa jurusan Teknik Industri (atau Program Studi lain yang relevan dengan definisi/makna dari bidang keteknik industrian) dari universitas-universitas yang terletak di Asia Tenggara dan Region China. Untuk kali pertama Universitas Muhammadiyah Malang mengirimkan delegasi mahasiswa terbaik di jurusan Teknik Industri untuk mengikuti kompetisi di tahun ini. Teknik Industri UMM mendelegasikan tiga kelompok yang terdiri dari 4 mahasiswa dari angkatan 2007-2009, yang masing-masing diketuai oleh Lutfa Priambodo (2007), Rangga Primadasa (2007) dan Umar Badar Rifa’i (2008). Mahasiswa-mahasiswa terpilih yang diseleksi dengan memonitoring melalui nilai-nilai mereka selama dibangku perkuliahan ini sehingga dipercaya jurusan mampu mengikuti kompetisi dan bersaing dengan mahasiswa dari universitas lain.

  Upaya jurusan Teknik Industri untuk mengikuti kompetisi tersebut sudah dilakukan dari awal bulan Oktober 2011 kemarin. “Sampai saat ini pelatihan secara intensif dilakukan dengan memberikan pelatihan soal-soal, sharing dengan para dosen maupun pendamping serta mengevaluasi cara kerja teman-teman mahasiswa untuk persiapan yang lebih matang” ujar Thomy Eko S., ST selaku dosen pendamping kompetisi IECOM. Alur dari kompetisi ini sendiri memiliki dua tahap, dimana tahap pertama adalah tahap penyeleksian melalui media online dengan menjawab soal-soal multiple choice yang terdiri atas 75 pertanyaan. Dalam tahap ini, peserta diuji dengan pengetahuan seputar bidang ilmu teknik industri secara online di website yang ditentukan dari panitia.

Selanjutnya setelah mengikuti tes online, seluruh tim yang lolos kompetisi online akan dihubungi via e-mail dan/atau telepon pada minggu ketiga bulan November ini. Dan alur selanjutnya pada tahap kedua yaitu Country Final, dimana pada tahap ini terdapat dua babak penyisihan lagi untuk menjaring tim pemenang kompetisi. Babak pertama dari Country final yaitu Elimination Round, peserta akan diuji pengetahuan secara teoritis dan kemampuan praktisnya mengenai seluruh bidang Teknik Industri. Babak terakhir yaitu Grand Final, pada babak ini nantinya hanya lima tim yang diambil dan ditantang untuk membuat pengembangan di dalam real system, penggunaan sebuah pendekatan teknik industri. Dimana setiap tim hanya bisa memilih dibagian sistem manakah mereka memiliki kecenderungan untuk mengembangkan, dan tool teknik indutsri apa yang mereka pilih untuk dipakai. Harap-harap cemas dan tetap optimis dirasakan oleh Thomy, dosen muda yang dipercaya jurusan sebagai mentor mahasiswa peserta kompetisi IECOM. “Mudah-mudahan tim yang sudah kami pilih bisa lolos kebabak selajutnya meskipun tak harus juara pertama untuk menambah torehan prestasi UMM”, tambahnya. (Ai)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image