Teknik Industri/TMI
Universitas Muhammadiyah Malang
Teknik Industri/TMI
Universitas Muhammadiyah Malang

Seminar Nasional Teknik dan Manajemen Industri 2013

Author : Administrator | Rabu, 10 Juli 2013 13:10 WIB

Puji syukur kehadirat Allah SWT bahwa dengan rahmat-Nya Seminar Nasional Teknik & Manajemen Industri (SNTMI) 2013 Universitas Muhammadiyah Malang dengan tema : “ Menuju Sustainable Manufacturing Untuk Keberlanjutan Dan Peningkatan Daya Saing Industri Nasional ” yang berlangsung pada tanggal 15 Mei 2013  di Convention Hall Hotel Kusuma Agrowisata Batu dapat terlaksana dengan lancar. Pada Seminar Nasional kali ini menghadirkan Dr. Ir. Srigunani Partiwi, MT (ketua Badan Kerja Sama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia (BKSTI)) sebagai Keynote Speaker dan  3 pembicara plenary sessión yaitu  Dr. Ahmad Mubin, ST., MT. Selaku Dosen Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang. Dr. Maria Anityasari, S.T., M.E., Ph.D. selaku  Dosen Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Muh Arfani Fatchul Alam, ST., MM  selaku Plant Manager PT Sanggar Sarana Baja- Remanufacturing Division.

Dalam pelaksanaan SNTMI 2013 yang diikuti oleh 90 peserta, Dr. Ir. Srigunani Partiwi, MT sebagai Keynote Speaker menyampaikan topik Kluster Industri Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Nasional & Aspek Ekologi: Peluang & Tantangan”. Dr. Ahmad Mubin, ST., MT menyampaikan topikPenerapan Konsep Ekologi Industri untuk Keberlanjutan Industri Nasional”. Dr. Maria Anityasari, S.T., M.E., Ph.D. menyampaikan topik “ Strategi dan Tantangan Sustainable Manufacturing di Indonesia”. Dan M. Arfani F.A ST., MM, menyampaikan topik Best Practice Remanufacturing Industry in PT. Sanggar Sarana Baja ”. Dalam parallel session Judul makalah dari pemakalah dibagi menjadi 5 bidang yaitu : Makalah Bidang I :Sustainable, Green Productivity,  Product & Eco-Product Design sebanyak 12 makalah ,Makalah Bidang II  : Supply Chain Management sebanyak 9 makalah, Makalah Bidang III : Ergonomics And Facility Design sebanyak 10 makalah, Makalah Bidang IV : Manufacturing System sebanyak 18 makalah, Makalah Bidang V : Industrial Management sebanyak 14 makalah.

Dari hasil Seminar Nasional Teknik & Manajemen Industri 2013 disimpulkan bahwa untuk mewujudkan industri manufaktur yang berkelanjutan dan memiliki daya saing yang tinggi di tingkat global diperlukan komitmen yang kuat stakeholder (perguruan tinggi, peneliti, praktisi, kalangan industri dan pemerintah). Akhirnya, kami sampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan sebesar-besarnya kepada : Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Teknik UMM, Jurusan Teknik Industri UMM, Bapak/Ibu Pembicara, Sponsor Acara : PT. Petrokimia Gresik, PT. Petrokimia Kayaku dan PT. Sanggar Sarana Baja, Penulis dan penyaji makalah, Seluruh peserta seminar, Rekan-rekan panitia khususnya yang bekerja tidak mengenal lelah untuk mensukseskan seminar ini. Kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan seminar ini tidak lepas dari bantuan serta dukungan dari semuanya. Semoga Allah SWT senantiasa memberi rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.

Peserta SNTMI 2013 Beserta Panitia

 Peserta dan Panitia Seminar Nasional dan Manajemen Industri 2013

Pembicara pada Parallel Session ( Dari kiri ke kanan : Dr. Maria Anityasari, S.T., M.E., Ph.D.,
Muh Arfani Fatchul Alam, ST., MM, Dr. Ahmad Mubin, ST., MT, dan Ilyas Mas'udin M.Log.ScM, Ph.D
)

 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image