Teknik Industri Turut Berkontribusi dalam International Conference on Technology, Informatics, and Engineering (Icon-TINE) 2024

Sabtu, 12 Oktober 2024 04:10 WIB

Perkuat Platform Diskusi Internasional, UMM Gandeng Binus dan UISI di Icon-TINE 2024

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali membuktikan kiprahnya di tingkat global dengan menjalin kolaborasi bersama Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) dalam pelaksanaan International Conference on Technology, Informatics, and Engineering (Icon-TINE) 2024. Konferensi ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 9 hingga 10 Oktober 2024, di Rayz Hotel UMM, Sengkaling, Malang.

Melalui kerja sama ini, ketiga perguruan tinggi menegaskan komitmennya dalam mendorong pengembangan inovasi teknologi, terutama terkait penerapan Artificial Intelligence (AI) di bidang teknik dan rekayasa. Konferensi ini diharapkan menjadi platform bagi akademisi dan peneliti dari berbagai negara untuk bertukar pikiran serta berbagi solusi terkait tren AI yang terus berkembang pesat.

Ketua panitia Icon-TINE 2024, Dr. Ir. Dana Marsetiya Utama, ST., MT., menyampaikan bahwa konferensi ini bertujuan memperkaya diskusi ilmiah di antara para akademisi internasional. Dengan tema "Trend Artificial Intelligence for Engineering Application", Icon-TINE 2024 diharapkan mampu menjadi ajang penting bagi pertemuan ide-ide segar dan inovatif yang dapat mendorong kemajuan teknologi di sektor teknik.

"Kolaborasi antara UMM, Binus, dan UISI dalam Icon-TINE 2024 memperlihatkan kekuatan sinergi institusi akademik dalam membangun platform diskusi bertaraf internasional, yang fokus pada inovasi teknologi," jelas Dr. Dana, yang juga merupakan dosen Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UMM.

Dr. Dana, yang baru saja masuk dalam daftar World Top 2% Scientist versi Universitas Stanford, Amerika Serikat, menambahkan bahwa kerja sama ini membuka peluang besar untuk pengembangan riset di bidang penerapan AI dalam rekayasa teknik. Selain memperkuat jejaring akademik, kolaborasi ini juga diharapkan mendorong kerjasama lebih lanjut dalam penelitian dan pengembangan teknologi.

278 Makalah dari 11 Negara

Icon-TINE 2024 menjadi salah satu konferensi internasional unggulan UMM di bulan Oktober ini. Sebelumnya, Fakultas Psikologi UMM sukses menggelar UMM Autism Summit yang dihadiri oleh 600 peserta dari empat negara.

Pada edisi keempat Icon-TINE ini, lebih dari 278 makalah dari 11 negara, termasuk Korea, Perancis, India, Amerika Serikat, dan Taiwan, dipresentasikan. Beberapa pembicara utama dalam acara ini di antaranya Prof. Dr.-Ing. Chi-Chia Sun dari National Taipei University, Taiwan, Setio Basuki, Ph.D. dari UMM, dan Eduardo e Oliveira, Ph.D. dari University of Porto, Portugal, yang akan memberikan pandangan mendalam tentang penerapan AI di era digital untuk bidang rekayasa teknik.

Shared: