Pernyataan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi
Tahun 2018 – 2019
No. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN TEKNIK INDUSTRI UMM |
Acuan |
||
|
A |
ASPEK SIKAP |
|
|
1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
SN Dikti |
||
2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
SN Dikti |
||
3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,berbangsa,bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
SN Dikti |
||
4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
SN Dikti |
||
5 |
Menghargai keanekaragaman budaya,pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
SN Dikti |
||
6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
SN Dikti |
||
7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
SN Dikti |
||
8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
SN Dikti |
||
9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;dan |
SN Dikti |
||
10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan,dan kewirausahaan. |
SN Dikti |
||
B |
ASPEK PENGETAHUAN |
|
||
11 |
Menguasai kemampuan menerapkan matematika, statistika,sains dan analisis engineering pada penyelesaian masalah bidang teknik industri ; |
Kurikulum BKSTI |
||
12 |
Menguasai prinsipdanteknik perancangansistem terintegrasidenganpendekatan sistem; |
Kurikulum BKSTI |
||
13 |
Menguasai dasar-dasar ilmu manajemen dan ekonomi; |
Kurikulum BKSTI |
||
14 |
Menguasai secara mendalam bidang ilmu teknik industri |
Kurikulum BKSTI |
||
15 |
Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini. |
SN Dikti |
||
C |
ASPEK KETRAMPILAN UMUM |
|
||
16 |
Menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahua ndan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya; |
SN Dikti |
||
17 |
Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi,gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir; |
SN Dikti |
||
18 |
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalahdi bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data; |
SN Dikti |
||
19 |
Mengelola pembelajaran secara mandiri; |
SN Dikti |
||
20 |
Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya. |
SN Dikti |
||
21 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
SN Dikti |
||
22 |
mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
SN Dikti |
||
23 |
mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
SN Dikti |
||
D |
ASPEK KETRAMPILAN KHUSUS |
|
||
24 |
Mampu mengidentifikasi,menformulasikan dan memecahkan masalah-masalah keteknikanindustri |
Kurikulum BKSTI |
||
25 |
Mampu merancang sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, material, peralatan, energi dan informasi untuk memenuhi kebutuhan performasi tertentu dengan menggunakan metode-metode teknik industri |
Kurikulum BKSTI |
||
26 |
Mampu menetapkan, memperkirakan atau mengukur, mengevaluasi performasi sistem terintegrasi yang dirancang atau diperbaiki secara mandiri atau kelompok |
Kurikulum BKSTI |
||
27 |
Mampu menerapkan pendekatan sistem dalam upaya melakukan perbaikan terus menerus, pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan performasi sistem terintegrasi |
Kurikulum BKSTI |
||
28 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keteknikindustrian berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
Kurikulum BKSTI |
||
29 |
Mampu memahami dampak solusi keteknik-industrian yang diputuskan dalam konteks global,ekonomi, lingkungan dan sosial |
Kurikulum BKSTI |
||
30 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
Kurikulum BKSTI |
||
31 |
Mampu memahami isu-isu kontemporer yang relevan dengan bidang teknik teknik industri |
Kurikulum BKSTI |
||
32 |
Mampu memilih teknik, keterampilan dan peralatan engineering modern yang sesuai untuk praktek-praktek keteknikindustrian yang dihadapi |
Kurikulum BKSTI |
||
33 |
Mampu menyusun perencanaan bisnis (business plan) |
Kekhasan Program Studi |
||
34 |
Mampu melakukan penilaian (evaluasi) terhadap tingkat kelayakan usaha |
Kekhasan ProgramStudi |
||
35 |
Bekerjasama dan memimpin tim |
Kekhasan ProgramStudi |
||