Pernyataan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Tahun 2018 - 2019

Kamis, 01 Februari 2018 00:00 WIB

Pernyataan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

Tahun 2018 – 2019

 

No.

CAPAIAN PEMBELAJARAN TEKNIK INDUSTRI UMM

Acuan

 

A

ASPEK SIKAP

 

 

 

1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

 

SN Dikti

 

2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan

tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

 

SN Dikti

 

3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,berbangsa,bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

SN Dikti

 

4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta

tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

 

SN Dikti

 

5

Menghargai keanekaragaman budaya,pandangan, agama,

dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

 

SN Dikti

 

6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta

kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

 

SN Dikti

 

7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat

dan bernegara;

 

SN Dikti

8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

SN Dikti

 

9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di

bidang keahliannya secara mandiri;dan

 

SN Dikti

 

10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan,dan

kewirausahaan.

 

SN Dikti

B

ASPEK PENGETAHUAN

 

 

11

Menguasai kemampuan menerapkan matematika, statistika,sains dan analisis engineering pada penyelesaian

masalah bidang teknik industri ;

 

Kurikulum BKSTI

 

12

Menguasai prinsipdanteknik perancangansistem

terintegrasidenganpendekatan sistem;

 

Kurikulum BKSTI

13

Menguasai dasar-dasar ilmu manajemen dan ekonomi;

Kurikulum BKSTI

14

Menguasai secara mendalam bidang ilmu teknik industri

Kurikulum BKSTI

 

15

Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan

perkembangan  teknologi terbaru dan terkini.

 

SN Dikti

C

ASPEK KETRAMPILAN UMUM

 

 

 

16

Menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis, dan inovatif

dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahua ndan/atau  teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;

 

 

SN Dikti

 

 

 

 

17

Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi

ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi,gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;

 

 

 

 

SN Dikti

 

 

18

Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks

penyelesaian masalahdi bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;

 

 

SN Dikti

19

Mengelola pembelajaran secara mandiri;

SN Dikti

 

20

Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya.

 

SN Dikti

 

 

 

21

Mampu   bertanggungjawab   atas   pencapaian   hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

 

 

 

SN Dikti

 

 

22

mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,   dan   mampu   mengelola   pembelajaran secara mandiri;

 

 

SN Dikti

 

 

23

 

mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

 

SN Dikti

D

ASPEK KETRAMPILAN KHUSUS

 

 

24

Mampu mengidentifikasi,menformulasikan dan

memecahkan masalah-masalah keteknikanindustri

 

Kurikulum BKSTI

 

 

25

Mampu merancang sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, material, peralatan, energi dan informasi untuk memenuhi kebutuhan performasi tertentu dengan menggunakan metode-metode teknik industri

 

 

Kurikulum BKSTI

 

 

26

Mampu menetapkan, memperkirakan atau mengukur, mengevaluasi performasi sistem terintegrasi yang dirancang atau diperbaiki secara mandiri atau kelompok

 

 

Kurikulum BKSTI

 

 

27

Mampu menerapkan pendekatan sistem dalam upaya melakukan perbaikan terus menerus, pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan performasi sistem terintegrasi

 

 

Kurikulum BKSTI

 

28

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keteknikindustrian berdasarkan hasil analisis informasi dan data

 

Kurikulum BKSTI

 

29

Mampu memahami dampak solusi keteknik-industrian yang diputuskan dalam konteks global,ekonomi, lingkungan dan sosial

 

Kurikulum BKSTI

 

30

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap

kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

 

Kurikulum BKSTI

 

31

Mampu memahami isu-isu kontemporer yang relevan

dengan bidang teknik teknik industri

 

Kurikulum BKSTI

 

 

32

Mampu memilih teknik, keterampilan dan peralatan engineering modern yang sesuai untuk praktek-praktek keteknikindustrian yang dihadapi

 

 

Kurikulum BKSTI

 

33

Mampu menyusun perencanaan bisnis (business plan)

Kekhasan Program Studi

 

34

Mampu melakukan penilaian (evaluasi) terhadap tingkat kelayakan usaha

Kekhasan ProgramStudi

 

35

Bekerjasama dan memimpin tim

Kekhasan ProgramStudi

         

Shared: